Usaha Modal Kecil – Toko Kelontong
Usaha Modal Kecil – Toko Kelontong

Usaha Modal Kecil – Toko Kelontong Modal Awal 2,5 juta

By - On 24 January 2018 - Categories : Peluang Usaha, Usaha Rumahan

Umumnya orang enggan memulai usaha di karenakan terganjal oleh minimnya modal. Padahal sebenarnya modal usaha bukan berupa uang saja. Tapi juga berupa non fisik yaitu motivasi,optimisme dan keberanian yang kuat untuk mewujudkannya.

Usaha tak semuanya membutuhkan modal besar. Banyak usaha yang bisa jalankan dengan modal yang sedikit salah satunya adalah Usaha Modal Kecil Toko Kelontong. Toko kelontong ( dalam bhs jawanya toko pracangan ) akan sangat baik jika didirikan diderah padat penduduk. Toko kelontong dapat dibuka sesuai modal yang ada. Jika modalnya sedikit, tokonya juga sebaiknya kecil agar tak memerlukan barang yang banyak yang tentu membutuhkan modal besar.

Barang yang di beli harus di minimalkan dari segi jumlah tapi di perlengkap dari segi ragamnya. Agar bisa memenuhi permintaan pembeli dan tidak banyak uang yang di stok berupa barang. Kelengkapan isi toko mempunyai nilai lebih dan jadi daya tarik konsumen. Banyak toko yang di kelola secara sederhana.

Apa keuntungan yang bisa didapat dari toko kelontong ?

Kebanyakan orang memandang usaha toko yang ribet dan keuntungannya dari tiap jenis barang sangat sedikit. Ketahuilah, bahwa keuntungan tiap jenis barang memang sedikit, tapi dengan penjualan dalam frekwensi yang besar setiap hari tentu akan membuat keuntungan yang lumayan. Usaha ini pun bisa menjadi pilihan alternatif sumber penghasilan keluarga.

Sudah banyak keluarga yang hidup berkecukupan dengan usaha toko kelontong ini. Sepertinya mudah ya ? lalu bagaimana memulainya ?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus di persiapkan sebelum memulai usaha toko kelontong :

1. Pemilihan Tempat

Pada dasarnya, toko kelontong bisa di buka di mana saja. Di pingir jalan raya, di dekat sekolahan, di pasar, ataupun di daerah pemukiman. Sebab masing-masing tempat mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Di pinggir jalan raya memang lebih baik, tapi biaya sewa ataupun harga tanahnya sangat mahal. Bagi pemula sebaiknya mempergunakan tempat di mana saja yang bisa di tempati jualan. Misalnya di teras rumah di ruang tamu, di halaman rumah dll.

Jika ada modal, pilih di pinggir jalan pada tempat yang setrategis di wilayah padat penduduk dan patkir yang memadai.

2. Menentukan manajemen toko

Sebelum memulai usaa toko kelontong, tentukan dulu gambaran toko anda. Apakah berbentuk minimarket, supermarket, grosir, atau toko kelontong tradisional. Bagi pemula dengan modal seadanya tentu termasuk kategori toko kelontong tradisional, Yaitu dengan membeli barang-barang yang harganya murah dan menjualnya secara eceran.

Penjual eceran termasuk ujung tombak dari rantai penjualan. Berikut ini adalah keuntungan penjualan dengan sistem eceran :

a. Modalnya kecil dan keuntungan presentasenya besar.

Sebab menjual secara eceran dapat mengambil keuntungan maksimal dari harga jual umum. Sementara jika menjual secara partai maka presentase keuntungannya lebih kecil darpipada yang eceran.

b. Modal penjual eceran leih kecil darpiada yang penjualan secra partai

Sebab penjualan secra partai harus memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.

c. Eratnya hubungan penjualo eceran dengan konsuman.

Ini terjadi disebabkan penjual eceran bisa berinteraksi secra langsung dengan konsumen.

Dengan memilih usaha toko kelontong tradisional, maka anda sudah bisa membuka usaha dengan modal kecil dan dan keuntungannya anda kan menerima pembayaran dari konsumen secara kontan.

Nah bagimana ….? anda mau mencoba …..?

 

Artikel Peluang Usaha, Usaha Rumahan - Usaha Modal Kecil – Toko Kelontong Modal Awal 2,5 juta, is Posted Under Tags: , , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response