bisnis tanpa promosi

Langkah Tepat Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Media Iklan

By - On 3 February 2018 - Categories : Motivasi Bisnis, Tips Bisnis

Langkah Tepat Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Media Iklan – Apa Anda saat ini sedang mencari cara tepat membesarkan bisnis tanpa harus repot-repot melakukan promosi melalui iklan? Jika iya, itu artinya Anda sedang berada di tempat yang tepat. Sebab, pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda informasi menarik tentang cara membesarkan bisnis tanpa promosi lewat iklan.

Tapi, tunggu dulu! Apa Anda pernah melihat merek papan atas yang tidak beriklan? Mungkin saja sebagian besar dari Anda berpikir bahwa iklan adalah salah satu senjata jitu dan paling efektif untuk berbisnis. Lalu, jika tidak beriklan, apa mungkin sebuah merek atau brand bisa jadi besar?

Coba perhatikan dulu nama Starbucks yang sering sekali tercantum di media utama, akan tetapi hal mengejutkan muncul bahwa Starbucks ternyata tidak melakukan promosi lewat iklan, so bukanlah Starbucks yang beriklan. Ini merupakan bentuk co branding Starbucks dengan bank lokal, seperti halnya penawaran kartu kredit. Dalam hal ini Starbucks lebih pada ingredient brandnya.

Langkah Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Iklan

Berikut ini kami akan membagikan beberapa cara tepat membesarkan bisnis tanpa promosi melalui iklan dari salah satu brand populer di tanah air, yakni Zara. Anda kenal dengan produk brand satu ini kan? Ya, Zara adalah brand populer pembuat busana kelas menengah yang asalnya dari Spanyol, tetapi kini jadi merek ritel fashion terbesar di dunia, bahkan produknya sudah cukup terkenal di Indonesia.

Menariknya, Zara ternyata tumbuh menjadi besar dan sukses dikenal oleh masyarakat luas seperti sekarang ini dengan sedikit, atau bisa juga dibilang tanpa kampanye pemasaran oleh mereka sendiri. Bahkan Zara juga tidak terlalu sering ngetweet. Ini pasti bukan sesuatu yang sebagaimana bisnis retail lain lakukan.

Tak hanya itu saja, Zara juga tidak menjalin kemitraan sama sekali dengan para desainer terkenal dan tidak mencoba memberikan produk – produknya tersebut dengan label kelas atas. Pemasaran inditex atau perusahaan induk memang benar-benar seperti bisnis real estate. Perusahaan lakukan investasi besar-besaran, daya tarik kesejarahan, dan lokasi toko. Mr Ortega Gaona adalah pendiri Zara yang juga termasuk salah satu orang terkaya di dunia dan tidak suka diwawancara. Demikian pula dengan Pablo Isla, perwakilan PR yang menolak memberikan namanya sebab peraturan kerendahan hati dari sang majikan.

Lantas, apa yang dilakukan Zara jika tidak melakukan promosi melalui iklan? Rahasianya bisa sukses dan besar seperti sekarang ini tanpa harus repot-repot beriklan adalah dengan mengikuti satu aturan, yakni dengarkan suara para pelanggan, tanggapi, dan berikan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Zara bahkan tidak pernah memberi apa yang Zara katakan, akan tetapi konsumen inginkan pasti Zara berikan. Zara sediakan busana perancang dengan harga yang lebih terjangkau, sebab memiliki sistem informasi pemasaran yang cukup efektif.

Zara hanya buat beberapa salinan dari tiap item. Tidak semua sentuhan desain dari busana yang dilihat para pelanggannya pada merek lain ditirunya, sebab tidak semua sentuhan desain perancang terkenal pun bisa diminati oleh pelanggannya. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika tiap lini produknya terjual dengan cepat, begitu produk barunya tiba di toko. Intinya di sini adalah pada saat pelanggan cerdas lihat barang menarik di Zara, ia tahu bahwasannya barang tersebut tak akan lama dan harganya pun tak akan lebih rendah dari tempat lainnya.

Untuk setiap produk Zara adalah edisi terbatas. Dengan cara inilah Zara seakan-akan mampu menggiring pelanggannya masuk dalam pembelian impulsif. Ini tentu jadi strategi yang sangat brilian yang layak banget Anda contoh saat Anda akan menjalankan sebuah bisnis tanpa promosi melalui iklan seperti yang dilakukan oleh Zara.

Demikianlah cara tepat membesarkan bisnis tanpa promosi melalui iklan yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Leave a Response