9 Tips Membuka Usaha Kecil yang Sangat Bermanfaat
9 Tips Membuka Usaha Kecil yang Sangat Bermanfaat

9 Tips Membuka Usaha Kecil yang Sangat Bermanfaat

By - On 24 January 2018 - Categories : Peluang Usaha

Tips membuka usaha kecil akan sangat diperlukan bagi para pebisnis pemula yang ingin memulai sebuah usaha. Seringkali, pebisnis mengalami salah langkah dalm menjalankan usaha kecil, dan usaha yang diharapkan menjadi besar jutstru membuat mereka mengalami kebangkrutan. Agar anda mendapatkan konsep bisnis usaha kecil yang benar, maka tidak ada salahnya membaca tips membuka usaha kecil di bawah ini.

9 Tips Membuka Usaha Kecil yang Sangat Bermanfaat

Berani memulai

Memulai usaha haruslah dengan action bukan hanya dengan teori. Selepas anda menghadiri seminar atau membaca sebuah buku bisnis, maka bersegeralah mencoba apa yang telah disampaikan oleh sang ahli. Beranilah dalam memulai usaha dan lakukan sekarang juga.

Realistis

Ketika anda ingin mencoba sebuah usaha modal kecil, maka jangan ambisius terhadap satu topic bisnis yang belum tentu menguntungkan. Sebaliknya, cobalah untuk membuat suatu peluang usaha berdasarkan kebutuhan konsumen di sekitar anda. meskipun bidang bisnis tersebut tidak anda sukai, namun jangan ragu dan malas untuk memulainya. Misalnya, jika orang disekitar anda menyukai donat kentang, maka jangan ragu untuk memulai bisnis donat. Karena di dalam bisnis apapun bisa anda pelajari.

Jangan menggaji karyawan

Bila anda belum punya modal besar sehingga harus bersedia untuk bekerja keras, membanting tulang, dan bekerja lembur setipa hari. Jangan bayar karyawan terlebih dahulu sampai anda benar-benar bisa mendapatkan pola bisnis dan manajemen yang benar.

Buatlah manajemen waktu dengan baik

Manajemen waktu akan sangat penting ketika sedang memulai usaha. Salah satu tips membuka usaha kecil adalah menerapkan pengelolaan waktu dengan bijak. Luangkan waktu anda di pagi hari, dan kemudian cobalah untuk membuat jadwal tentang apa yang harus anda kerjakan hari ini, dimulai pukul berapa, dan diakhiri jam berapa.

Rekrut partner

Jika usaha anda mulai besar, maka rekrutlah karyawan atau partner dengan jumlah satu hingga dua orang saja. Kemudian ajak mereka mempelajari usaha anda dan gaji dengan sewajarnya agar tidak memberatkan usaha kedepan. Namun, satu hal yang pasti adalah awasi mereka dengan ketat karena banyak pengusaha pemula yang bangkrut akibat partner yang tidak bisa menjaga kelangsungan bisnis.

Bekerjalah dengan sepenuh hati

Jangan mengaharapkan imbalan yang terlalu besar ketika anda mulai menjadi pengusaha. Sebaliknya, bekerjalah dengan sepenuh hati dan jual kelebihan produk anda sehebat mungkin. dengan meningkatkan kualitas, maka keuntungan bisa datang dengan sendirinya dari waktu ke waktu.

Ketahui seluruh angka dasar

Proses awal menjadi seorang pengusaha itu sulit, dan anda harus mengetahui seluruh angka dasar dari setiap pngeluaran dan pemasukan. Jika anda telah memiliki seorang karyawan, maka awasi dengan sangat ketat. Misalnya, anda harus mengetahui angka bayar sewa toko, pembayaran listrik, servis, dan perawatan komputer.

Buatlah konsumen nyaman

Konsumen yang nyaman dan suka berbelanja di tempat usaha anda adalah elemen penting yang harus anda wujudkan. Karena, banyak kasus telah membuktikan bahwa konsumen mampu melakukan deal dengan para penjual hanya karena mereka menyukai pelayanan yang diberikan. Jadi, selain produk yang berkualitas, pelayanan yang baik harus selalu diutamakan.

Jangan ragu untuk mendelegasikan

Ketika anda telah merasa sukses dalam bisnis maka jangan terlalu terfokus dan terus menjadi single fighter. Anda disarankan untuk membuka cabang, atau bahkan memulai usaha baru. Kemudian, delegasikan bisnis anda ke orang yang tepat agar anda bisa menjadi pebisnis sesungguhnya dan memperoleh passive income.

Itulah 9 tips memulai usaha kecil yang layak untuk dicoba.

Artikel Peluang Usaha - 9 Tips Membuka Usaha Kecil yang Sangat Bermanfaat, is Posted Under Tags: , , , , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response