7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital

7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital

By - On 2 February 2018 - Categories : Peluang Usaha, Tips Bisnis

7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital – Khususnya bagi para pemula sepertinya untuk bisa mendapatkan ide bisnis yang tepat dan sesuai dengan passionnya jadi kesulitan tersendiri. Di era persaingan yang semakin ketat dan di era digital, sudah pasti Anda dituntut untuk bisa bergerak cepat. Untuk itu buat Anda pemula di dunia bisnis diharapkan bisa bersaing dan ikuti ritme persaingan yang tinggi.

Sebetulnya ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda jalankan, salah satunya di bisnis kuliner ini. Ya, bisnis kuliner memang memiliki segmentasi pasar yang cukup luas dalam membidik hampir semua kalangan serta golongan.

Untuk itu jenis bisnis tersebut bisa jadi salah satu peluang bisnis yang bisa Anda jalankan. Namun untuk memulainya, berikut ini 7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital yang bisa Anda contoh.

7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital

7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital

1. Memiliki konsep menarik

Yang pertama dari 7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital adalah Memiliki Konsep Menarik. Apapun jenis bisnisnya, sebuah konsep yang menarik pasti akan jadi nilai lebih dalam bisnis tersebut, tak terkecuali dalam bisnis kuliner. Malah dalam bisnis satu ini konsep menarik dan unik akan jadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya. Oleh sebab itu kami sarankan sebelum memutuskan membuka bisnis kuliner ada baiknya Anda pikirkan terlebih dulu konsep semenarik mungkin.

2. Tentukan target pasar

Jika Anda sudah memiliki konsep menarik, maka langkah berikutnya adalah menentukan target pasar. Target pasar di dunia bisnis kuliner pastinya sangat luas sekali, tapi jika ditentukan tentu akan lebih mudah menentukan tujuan selanjutnya. Penentuan target pasar tersebut merupakan hal terpenting supaya Anda bisa tentukan kemana arah bisnis Anda serta inovasi baru apa yang harus dilakukan.

3. Memberikan inovasi – inovasi baru dengan baik

Untuk bersaing di dunia bisnis pastinya juga butuh inovasi – inovasi baru dengan baik. Maka dari itulah sebenarnya Anda sangat tidak disarankan sekali untuk membuka bisnis yang sama dengan bisnis milik orang lain, tapi jika Anda memang ingin menirukan sebaiknya mengambil konsep ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Namun bila Anda ingin mendapat kesan lebih, maka Anda harus berinovasi dan mengeluarkan produk baru.

4. Menentukan tempat atau lokasi strategis

Sebuah bisnis, baik itu jenis bisnis kuliner atau pun lainnya sudah pasti bisa berkembang dengan cepat karena mempunyai tempat strategis. Langkah tersebut sebetulnya hanya untuk mengingatkan, sebab sebagus apapun konsep bisnisnya, bila tak ada aktifitas di area atau tempat yang dipilih maka akan sia – sia belaka.

5. Harga yang lebih terjangkau

Wajar sekali jika perilaku konsumen Anda yang selalu ingin mendapat harga terjangkau, tetapi dengan layanan maksimal. Sebagai pebisnis Anda tak bisa salahkan hal tersebut, yang harus Anda lakukan di sini adalah beradaptasi dengan perilaku konsumen yang seperti itu. Apabila Anda memang ingin sukses jalankan bisnis kuliner, maka sebaiknya memberikan harga terbaik pada konsumen Anda.

6. Menjaga reputasi bisnis

Sebuah bisnis pastinya bisa bertahan lama jika bisnis tersebut mampu menjaga reputasinya dengan baik. Tak terkecuali untuk bisnis kuliner, bisnis kuliner bisa dibilang sangat sensitif sekali terhadap issue. Oleh sebab itulah, sebaik mungkin untuk bisa menjaga reputasi, misalnya saja dengan tetap memberi pelayanan yang maksimal, terjaga kehigienisan makanan, serta kebersihan restoran. Sehingga konsumen akan tetap mempercayai restoran dan makanan Anda untuk penuhi keinginan serta kebutuhannya.

7. Bisnis kuliner go online

Yang terakhir dari 7 Langkah Memulai Bisnis Kuliner di Era Digital adalah Go Online. Jika Anda memang ingin berkembang dan memiliki sebuah bisnis yang menjanjikan keuntungan lebih besar lagi, itu artinya Anda harus mulai bereformasi, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, sehingga dengan begitu bisnis kuliner Anda akan memiliki konsumen yang lebih banyak lagi dan siap bersaing di era digital dengan para pebisnis lainnya.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang langkah memulai bisnis kuliner yang tepat di era digital. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Leave a Response